Gaet Investor Melalui Penciptaan Iklim Investasi Yang Baik

By Admin

nusakini.com--Sebagai upaya menggaungkan sistem Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan kegiatan Forum Investasi Infrastruktur Bidang PUPR di Palembang, Senin (27/2).  

Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yusid Toyib sebagai narasumber dalam kegiatan ini mendorong untuk melakukan terobosan dengan melibatkan investor untuk investasi infrastruktur. Dalam kesempatan ini, Yusid mengutarakan harapan pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah untuk mendorong peran swasta dalam penyediaan infrastruktur melalui skema KPBU.  

“Kita dorong agar penggunaan APBN adalah opsi terakhir pendanaan pembangunan infrastruktur”, ujar Yusid Toyib. 

Senada dengan hal tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ishak Mekki mengatakan, jika mengandalkan APBD tidak mungkin dana pembangunan infrastruktur dapat terpenuhi. Maka harus melakukan terobosan dengan membolehkan swasta masuk sebagai investor. 

“Untuk menjamin kemudahan investasi tersebut harus didukung dengan peraturan yang investor friendly di Sumatera Selatan. Bahkan jika memungkinkan, investasi harus sampai untuk pembangunan Infrastruktur di tingkat Kabupaten”, tutur Ishak Mekki.  

Untuk mencapai hal tersebut pemerintah daerah harus dapat menciptakan iklim investasi yang baik. Yusid menyampaikan bahwa Provinsi Sumatera Selatan memiliki potensi investasi yang banyak dan harus menggali potensi-potensi tersebut. 

Yusid juga memperkenalkan Direktorat Bina Investasi Infrastruktur, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi sebagai simpul KPBU di Kementerian PUPR. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat konsep investasi non APBN/APBD dan dapat meningkatkan partisipasi swasta dalam penyediaan infrastruktur bidang PUPR.(p/ab)